Tribratanewsacehjaya.com – Calang, Waka Polres Aceh Jaya Kompol Alwin Andriyan, AMD.SS.,M.H, menghadiri Upacara memperingati Hari Santri Ke-4 tahun 2019 yang berlangsung di Dayah Terpadu Darul Abrar Desa Gampong Baro Kec. Setia Bakti Kab. Aceh Jaya, Senin (04/11/2019).

Upacara  tersebut terlihat dipimpin langsung oleh Bupati Aceh Jaya Drs H.T.Irfan Tb, dan pada kesempatan tersebut  Bupati Aceh Jaya selaku Pembina membacakan amanat tertulis Menteri Agama yang mana bahwa,  Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai.

Hari Santri, Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Lanjut Drs H.T.Irfan Tb, Sejak Hari Santri ditetapkan pada tahun 2015, kita selalu menyelenggarakan peringatan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda. Secara berurutan pada tahun 2016 mengusung tema “Dari Pesantren untuk Indonesia”, tahun 2017 “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”, dan tahun 2018 “Bersama Santri Damailah Negeri”. Meneruskan tema tahun 2018, peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”. Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian.

Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama. Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural. “Akhirnya kita juga patut bersyukur karena dalam peringatan Hari Santri Tahun 2019 ini terasa istimewa dengan hadirnya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Dengan Undang-Undang tentang Pesantren ini memastikan bahwa pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, tetapi juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pemberdayaan masyarakat. Dengan Undang-Undang ini negara hadir untuk memberikan rekognisi, afirmasi, dan fasilitasi kepada pesantren dengan tetap menjaga kekhasan dan kemandiriannya,’’ harapannya Bupati Aceh Jaya Drs H.T.Irfan Tb.

Upacara terlihat turut dihadiri oleh, Bupati Aceh Jaya, Wakil Bupati Aceh Jaya, Waka Polres Aceh Jaya, Dandim 0114/Aceh Jaya, Kejari Aceh Jaya, Ketua MPU Aceh Jaya sekaligus Pimpinan Dayah Terpadu Darul Abrar, Kepala Dinas Badan Dayah Aceh Jaya, Para Kadis, SKPK Kab. Aceh Jaya, Camat Setia Bakti beserta unsur Muspika, Danramil 03 Lageun, Kapolsek Setia Bakti / diwakili oleh Ka SPKT 2 Bripka M. Nasir, Bhabinkamtibmas Brigadir Dedek, Tokoh Agama dalam Kab. Aceh Jaya,  Para santri Darul Abrar & Al Anshar, Al Ikhsan dan Nuha dan Ustad & Ustadzah & Guru Santri.

Comments

comments