img-20161202-wa0050 img-20161202-wa0043

Tribratanewsacehjaya.com – Calang, Bertempat di Aula Mts Patek Kecamatan Darul Hikmah Kepolisian Sektor Sampoiniet melaksanakan acara Sosialisasi Qanun Gampong kepada perangkat Desa dalam Kecamatan Darul Hikma Kabupaten Aceh Jaya, Jumat (02/12/2016).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh. Kapolsek Sampoiniet, Camat Darul Hikmah diwakili Stafnya, Kasium Polsek Sampoiniet, Kanit Binmas Polsek Sampoiniet, Kanit Intel Polsek Sampoiniet, Perangkat Desa Kecamatan Darul Hikmah.

Acarat tersebut dipimpin oleh Kapolsek Sampoiniet IPDA Fajriadi, S.H, dalam kata sambutannya menjelaskan tentang kasus-kasus yang dapat diselesasiakan ditingkat Desa adalah kasus Tipiring dan kasus Perdata, untuk kasus berat tidak dapat diselesaikan ditingkat Desa dan harus diserahkan kepihak yang berwajib untuk diselesaikan dengan UU yang berlaku. Dan menyampaikan tata cara pembuatan laporan ke Kepolisian kepada masyarakat yang bersifat pembuatan surat seperti, surat Rekom, Laporan kehilangan barang dan Ijin Keramaian harus dilengkapi dengan syarat-syarat yang jelas dan benar dari pihak Desa maupun Instansi terkait dan baru bisa ditangani oleh pihak Kepolisian.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat akan diadakan acara milad Gam maka sama-sam untuk menjaga Desa masing- masing supaya tidak terjadi hal-hal seperti pengibaran bendera bulan bintang oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang mungkin ingin mengacaukan suasana yang bisa menimbulkan efek negative, berhubung juga 2017 akan menghadapi pemilu kada.

Selanjutnya, Kasium Polsek Sampoiniet juga menyampaikan peran Tuha Peut Dalam Gampong kepada perangkat Desa tentang 18 perkara sesuai Qanun No.09/2008 yang diselesaikan Oleh Tuha Peut. Diantaranya; Perselisihan dalam rumah tangga, Sengketa antar keluarga, Perselisihan antar warga, Khalwat/mesum, Perselisihan tentang hak milik, Pencurian dalam keluarga, Perselisihan Harta seharkat, pencurian ringan, Pencurian Ringan, Pelanggaran Adat Tentang Ternak pertanian dsn Hutan, Persengketaan di laut, Persengketaan di pasar, Penganiayaan ringan, Pembakaran Hutan, Pelecehan,fitnah,Hasut dan pencemaran nama baik, pencemaran lingkungan, Ancam Mengancam serta Perselisihan yang melanggar adat Istiadat.

Selain itu juga, Camat Darul Hikmah juga menyampaikan ribuan terimakasih kepada semua yang telah hadir pada acara ini, kepada seluruh perangkat Desa untuk bekerja semaksimal mungkin di Desanya masing-masing, serta kepada dan mengharapkan kepada Geucik masalah anggaran Desa untuk segera di selesaikan Proyek pembangunan Desa berhubung sudah akhir tahun.

Acara selesai dilaksanakan pada pukul 11.50 Wib dalam keadaan aman tertib sesuai rencana dan tamu undangan yang hadir diperkirakan lebih kurang lima puluh orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.