CALANG- Kepolisian Resor Aceh Jaya Kamis (19/11) menggelar latihan Dalmas ( Pengendali Massa ) dihalaman Mapolres setempat, latihan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Aceh Jaya AKBP Riza Yulianto itu bertujuan untuk mengantisipasi jika sewaktu – waktu terjadi kerusuhan massa baik demo maupun kerusuhan lainnya.

Dengan menggunakan 15 unit motor trail Kawasaki KLX 250 CC bantuan hibah dari Mabes Polri para anggota Dalmas melakukan latihan simulasi dengan formasi mengendarai motor saat berhadapan dengan massa.

Kapolres Aceh Jaya AKBP Riza Yulianto kepada awak media mengatakan, bahwa kegunaan kendaraan trail ini adalah untuk menguraikan massa, yakni memecah konsentrasi sekelompok orang yang hampir atau sudah melakukan bentrokan.

“Kendaraan ini tidak hanya untuk digunakan dalam aksi demontrasi saja, tapi juga ketika ada sengketa, keributan atau perkelahian yang melibatkan massa dalam jumlah banyak”. Kata Riza

Dalam latihan ini Jelas Riza, tidak saja sebagai sarana memahirkan kemampuan anggota menggunakan kekuatan, tapi juga merupakan persiapan dalam menangani kemungkinan kerusuhan. Tujuan dari latihan Dalmas itu sendiri, untuk mengingat kembali gerakan dan formasi saat pengendalian massa ketika ada unjuk rasa.

“Latihan ini untuk meningkatkan profesional kerja dalam pengamanan, penanganan maupun penindakan terhadap pengunjuk rasa yang dianggap telah melangar ketertiban maupun menganggu masyarakat lainnya. Latihan inipun nantinya akan dilakukan secara rutin, agar para anggota siap terjun ketika ada unjuk rasa atau keributan, apalagi menghadapi Pilkada 2017”. Ucap Riza.

Comments

comments