Rangkaian kegiatan acara pelepasan tukik dipantai Aroen Meubanja Panga Aceh Jaya.

IMG-20160128-WA0013

IMG-20160128-WA0014IMG-20160128-WA0011

Tribratanewsacehjaya.com – Kapolsek Panga Ipda Abdul Halim, S.H menghadiri undangan kegiatan acara pelepasan Tukik (anak penyu), Kamis (28/01/2016) yang di lepas kelaut Aroen Meubanja Kec. Panga Kab. Aceh Jaya.

Sebanyak 149 ekor Tukik (anak penyu) yang dilepaskan kelaut tersebut merupakan hasil pengetasan telur penyu yang diawasi oleh kelompok masyarakat atau tim konservasi penyu “Aroen Meubanja”.

Dalam acara tersebut yang dilaksanakan di Pantai Aroen Meubanja Kec. Panga Kab. Aceh Jaya itu, turud dihadiri Bupati Aceh Jaya Ir Azhar Abdurrahman yang diwakili oleh Asisten II Pemkab Aceh Jaya Ir Rusman Salam, Kapolres Aceh Jaya AKBP Riza Yuliato yang diwakili oleh Kapolsek Panga Ipda Abdul Halim, Kepala Dinas Parawisata Aceh Drs Reza Fahlevi, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Aceh Jaya Ridwan, S.Pi, Kabag Humas Aceh Jaya Fajri, S.Ag, serta ratusan masyarakat Aceh Jaya.

Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh Jaya Ridwan, S.Pi pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada kelompok masyarakat Aroen Meubanja yang telah menumbuhkan kesadaran untuk melindungi satwa yang hampir punah itu.

“Kita berterimakasih kepada kelompok masyarakat ini, karena adanya kesadaran masyarakat setempat untuk melestarikan penyu yang boleh dikatakan sudah hampir punah”, Kata Ridwan.

Ridwan, juga meminta pemerintah baik provinsi maupun kabupaten agar memberikan perhatian yang serius kepada kelompok masyarakat yang ikut melestarikan lingkungan laut khususnya perlindungan satwa yang hampir punah, sehingga dengan adanya perhatian pemerintah kegiatan tersebut bisa dilakukan secara berkelanjutan.

Sementara Dinas Parawisata Aceh melalui Kepala Bidang Pemasaran, Rahmadani menjelaskan, pihaknya akan berkomitmen untuk menjadikan Pantai Aroen Meubanja sebagai kawasan wisata unggulan.

“Kita harapkan juga partisipasi masyarakat dalam rangka mempromosikan hal ini, tanpa dukungan masyarakat kita pemerintah juga tidak akan efisien untuk melakukan sesuatu pekerjaan”, ungkap Rahmadani

Rahmadani, berjanji Dinas Parawisata Aceh akan berpartisipasi dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan promosi tarik wisata Aceh Jaya baik didalam negeri maupun didalam negeri.

Kapolres Aceh Jaya AKBP Riza Yulianto melalui Kapolsek Panga Ipda Abdul Halim dikesempatan itu mengatakan, sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh kelompok masyarakat Aroen Meubanja, Abdul Halim meminta masyarakat berkoordinasi dengan pihaknya apabila ada hal atau gangguan yang dapat menghalangi atau merintangi masyarakat dalam kegiatan pelestarian penyu.

“Kita pihak kepolisian sangat mendukung kegiatan seperti ini, saya berharap jika ada suatu hal atau gangguan, masyarakat jangan sungkan-sungkan untuk melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian”, pungkas Ipda Halim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.