Tribratanewsacehjaya.com – Calang, Kepala Kepolisian Resor Aceh Jaya AKBP Harlan Amir, S.E.Ak.,M.M. memimpin Apel Siaga Gabungan dan Gelar Peralatan dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Aceh Jaya yang berlangsung di Lapangan Apel Polres Aceh setempat, Selasa (03/03/2020).

Pada saat memimpin pelaksanaan Apel tersebut, Kapolres Aceh Jaya AKBP Harlan Amir, S.E.Ak.,M.M., membacakan amanat tertulis Bupati Aceh Jaya H. T. Irfan. TB. Yang mana bahwa, Masalah bencana sudah sangat mengkhawatirkan selama tahun 2020 ini sudah beberapa kali terjadi kebakaran Karhutla, kebakaran rumah dan kekeringan. Pada Bulan Januari sudah 3 kali terjadi Karhutla, di Bulan Februari 10 kali terjadi Karhutla dan 1 kali kekeringan yang melanda beberapa wilayah dalam Kabupaten Aceh Jaya. Oleh karena itu peran aktif BPBK dan Instansi Terkait diharapkan mampu menanggulangi bencana dengan pencegahan, kesiapsiagaan dan pemulihan bencana.

Lanjut AKBP Harlan Amir, S.E.Ak.,M.M., Kami harapkan kepada relawan penanggulangan bencana yang terdiri Dari BPBK, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR. Dinas Lingkungan Hidup, TNI. Polri. Tagana, Rapi, PMI, Pramuka serta masyarakat dapat meminimalisir resiko bencana. “Bencana merupakan masalah yang sangat komprehensif, serta dapat menimbulkan dampak yang sangat luas meliputi berbagai aspek, baik kesehatan, kesejahteraan, keamanan, ekonomi dan lingkungan. upaya-upaya pencegahan ini harus melibatkan seluruh lapisan masyarakat, dan masyarakat harus mampu mengidentifikasi serta paham masalah yang akan timbul dari bencana,” ungkap Kapolres Aceh Jaya.

Dalam mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya sangat peduli terhadap dampak yang akan terjadi, untuk itu melalui badan penanggulangan bencana Kabupaten Aceh Jaya mengambil kebijakan yang menunjang program-program Nasional dalam penanggulangan bencana. “Dapat kami sampaikan pula bahwa pada tanggal 01 maret 2020 adalah hari jadi Pemadam Kebakaran, dengan momentum tersebut kami mengharapkan kepada pemadam kebakaran dapat meningkatkan kinerjanya dalam penanggulangan bencana dan ucapan terimakasih kami atas dedikasinya selama ini,”harapannya.

Apel Siaga juga terlihat dihadiri oleh, Kapolres Aceh Jaya, Sekda Kab. Aceh Jaya, Waka Polres, Kajari Aceh Jaya Diwakili, Para Kabag, Kasat, Para Kepala SKPK Dalam Lingkup Pemerintahan  Kab. Aceh Jaya, Kasat Pol-PP Aceh Jaya, Para Kapolsek Jajaran Polres Aceh Jaya, Danki 4 Yon A Pelopor Aceh Jaya, Wadanki 4 Yon A Pelopor A Pelopor Aceh serta diikuti, 1 Peleton Personel Kodim 0114/Aceh Jaya, 1 Peleton Personel Brimob 4 Yon A Pelopor Aceh Jaya, 1 Peleton Personel Sat  Sabhara Polres Aceh Jaya, 1 Peleton Personel Staf Polres Aceh Jaya, 1 Peleton Personel Sat Lantas Polres Aceh Jaya, 1 Peleton Personel Sat Intel, Reskrim, 1 Peleton Personel Sat Pol-PP, 1 Peleton Personel Tagana Aceh Jaya, 1 Peleton Personel BPBK Aceh Jaya, 1 Peleton Personel Damkar Aceh Jaya, 1 Peleton Personel Rapi Aceh Jaya dan 1 Peleton Personel Pramuka Aceh Jaya.

Comments

comments