Tribratanewsacehjaya.com – Calang, Kapolres Aceh Jaya AKBP Eko Purwanto, S.Ag.,M.H, hadiri Apel penutupan Bakti Sosial dan Jambore Taruna Siaga Bencana (Tagana) Se-Aceh di Kabupaten Aceh Jaya.

Apel penutupan berlangsung di Taman Memorial Tsunami Calang dipimpin oleh Plt Gubernur Aceh, Selasa (16/07/2019) pukul 14.00 Wib.

Pantauan media tribratanewsacehjaya.com, dilapangan, pelaksanaan Apel diawali dengan:

1.  Plt Gubernur Aceh dan Inspektur Apel tiba dilapangan Apel.

2. Pembacaan ayat suci al quran dan Saritiawah.

3. Laporan Kadis Sosial Aceh mengatakan :

– Terimakasih atas kehadiran Bapak Plt Gubernur Aceh beserta rombongan yang telah hadir pada kegiatan Bhakti Sosial dan Jambore Tagana Se Aceh di Kab. Aceh Jaya.

– Terimakasih juga kepada Bapak Panglima Kodam Iskandar Muda, kami berharap Tagana dapat terus bekerja sama dengan Babinsa di jajaran Kodam Iskandar Muda dan kami juga terimakasih atas pemerintah Daerah Aceh Jaya telah membantu dan mensukseskan kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT Tagana ke 15 tahun dan terimakasih para tamu undangan yang telah hadir pada kesempatan ini.

– Kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 13 s.d. 16 Juli 2019 yang dilaksanakan di wilayah Kab. Aceh Jaya dengan beberapa program yang telah ditentukan baik program bhakti sosial, bantuan dana dari pemerintah, bantuan sembako, bantuan bahan rumah untuk rumah kurang layak, bantuan alat olahraga dan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan di Ds. Bhinta Kec. Pasi Raya dan program kesehatan.

– Kegiatan pada hari ini yaitu upacara penutupan kegiatan Bhakti Sosial dan Jambore Tagana Se-Aceh. Pada kesempatan ini kami menyampaikan kami memiliki gudang masa panik yang siap membantu segala bentuk bencana dan kami terus siap membantu masyarakat.

4. Laporan Bupati Aceh Jaya mengatakan :

– Selamat datang kepada Plt Gubernur Aceh dan Bapak Panglima Kodam Iskandar Muda beserta rombongan dan tamu undangan yang telah hadir ke wilayah Aceh Jaya. Kami berharap kepada Plt Gubernur Aceh dapat mewujudkan program pembangunan di Aceh Jaya dapat terwujud, seperti jembatan di Ds. Bhinta yang telah kita lihat tadi, agar tahun depan jembatan tersebut dapat terealisasi dan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat Ds. Bhinta Kec. Pasi Raya.

– Kami mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan jambore tagana se Aceh dilaksanakan di Kab. Aceh Jaya, beberapa program yang dilaksanakan pada kegiatan tersebut antara lain penanggulangan bencana alam dan bhakti sosial, yang mana daerah kab. Aceh Jaya daerah rawan bencana alam. Saya atas nama Pemerintah Aceh Jaya mengucapkan terimakasih dan bangga dengan adanya Tagana di Aceh Jaya, dengan adanya Tagana di Aceh Jaya sanggatlah terbantu dalam segala hal baik bentuk sosial maupun bencana alam.

5. Komandan Apel memasuki lapangan upacara.

6. Laporan Komandan Apel.

7. Plt Gubernur Aceh menuju mimbar.

8. Penghormatan umum kepada inspektur Apel.

9. Laporan Komandan upacara kepada Inspektur Apel.

10. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan menyanyikan Mars Tagana.

11. Penyerahan Bantuan kepada Pemerintah Aceh Jaya dan pemerintah Abdya dan Pemerintah Nagan Raya.

12. Amanat Inspektur Apel mengatakan :

– Yang Saya hormati kepada Bapak Panglima Kodam Iskandar Muda beserta jajaran dan saya hormati Wakil Ketua DPRA Aceh dan Kepala Dinas Aceh, Bupati Aceh Jaya, Bupati Abdya, Bupati Nagan Raya dan tamu undangan yang hadir pada acara hari ini.

– Terimakasih kepada pemerintah Aceh Jaya atas partisipasi pada kegiatan Jambore Tagana Se Aceh dalam rangka memperingati HUT tagana ke 15 tahun yang dilaksanakan di Kab. Aceh Jaya. Kegiatan ini dilaksanakan di Kab. Aceh Jaya karena daerah Kab. Aceh Jaya adalah daerah yang sangat rawan bencana alam, baik gempa, banjir, tanah longsor dll.

– Dengan ini mari kita terus siap mengantisipasi dan menemalisir bencana alam. Adanya Tagana di wilayah provinsi Aceh khususnya Aceh Jaya sangat lah penting, untuk meningkatkan kepekaan penanggulangan dalam bencana alam di daerah Provinsi Aceh.

– Pemerintah Aceh terus mendukung Program Tagana dalam program penanggulangan bencana alam. Untuk itu mari kita bekerja sama Tagana dengan intruksi satu komando untuk terus makin kedepan dalam penanggulangan bencana alam, semoga dengan adanya tagana di daerah wilayah Aceh dapat membantu kepentingan masyarakat.

13. Pembacaan doa.

14. Laporan komandan apel kepada inspektur apel.

15. Penghormatan umum kepada inspektur apel.

16. Dilanjutkan simulasi Tagana.

Apel terlihat turut dihadiri. Plt Gubernur Aceh, Pangdam Iskandar Muda, Kepala Dinas Sosial Provinsi Aceh beserta Rombongan, Bupati Aceh Jaya, Wakil Bupati Aceh Jaya, Ketua DPRK Aceh Jaya, Kapolres Aceh Jaya, Dandim 0114/AJ, Kepala Dinas Sosial Aceh Jaya, Sekretaris Daerah Kab. Aceh Jaya, Kepala BPKK Aceh Jaya, Ketua Tagana Aceh, Para Kepala Dinas, Kepala Badan dan Kantor Dilingkup Pemkab Aceh Jaya.

Dan diikuti oleh. 1 (satu) Pleton Personel Polres Aceh Jaya , 1 (satu) Pleton Personel Kodim 0114/Aceh Jaya dan 6 (enam) Pleton Personel Tagana dan Jombore Se-Aceh.

 

Comments

comments