Call Center Gangguan Satwa Liar Aceh Jaya

Calang – Dua satwa liar buaya dan gajah dalam beberapa waktu terakhir meneror warga Aceh Jaya. Setidaknya sejumlah hewan ternak seperti kambing dan sapi warga menjadi mangsa.

“Buaya liar terus berkembang di kawasan Lhok, Kecamatan Setia Bakti saat ini, sedangkan efeknya menyebabkan banyak sapi dan kambing jadi korban, akibat dimakan buaya,” papar Rizwan, warga Lhok Bot pada saat Sosialisasi Aplikasi Sistem Pelaporan Berbasis SMS, yang dilaksanakan Lembaga Suar Galang Keadilan (LSGK) di Mapolres Aceh Jaya, Kamis (19/11).

Dia sebutkan tidak hanya buaya tapi kawanan gajah liar juga semakin beringas merusak kebun sawit dan karet yang membuat warga kehilangan mata pencaharian.

“Kerusakan perkebunan warga akibat amukan satwa liar saat ini begitu dirasakan oleh masyarakat,” ujar Kamaruzzaman, anggota Polisi Hutan Provinsi yang melakukan sosialisasi SMS Center di Mapolres dan diikuti oleh tokoh masyarakat di Aceh Jaya.

Sementara pihak polisi berharap setiap ada gangguan satwa liar, masyarakat hendaknya dapat melaporkannya lewat SMS ke nomor 08116771010. Namun warga dilarang untuk menyakiti apalagi hingga membunuh satwa liar yang meresahkan masyarakat.

“Setiap pihak yang membunuh satwa liar atau menyakitinya, maka kita akan lakukan proses hukum. Sebab satwa liar seperti gajah dan buaya dilarang untuk dibunuh atau disakiti,” ujar AKBP Mirwaji, Kasubdit 4 Reskrimsus Polda Aceh di sela acara tersebut. (humas)

Comments

comments